Saturday, June 7, 2008

Indonesia Ditahan Imbang Malaysia


Timnas Indonesia gagal memetik angka penuh dan hanya mampu bermain imbang 1-1 atas tim tamu Malaysia, dalam laga uji coba di Stadion Gelora 10 Nopember, Tambaksari, Surabaya, Jumat (6/6) petang.

Meski tim besutan pelatih Benny Dollo ini sempat unggul lebih dahulu melalui gol striker Bambang Pamungkas dari titik putih pada menit 25, namun gol tersebut akhirnya dibalas 1-1 oleh Malaysia pada menit 34. Adalah kapten timnas Negeri Jiran, M Sukhor yang membuyarkan kemenangan Indonesia, setelah tandukannya memanfaatkan sepak pojok dari Hardy Zaffar, gagal diantisipasi kiper Dian Agus Prasetyo.

Malaysia bahkan sebelumnya nyaris membobol gawang tim 'Merah Putih' melalui Zaenal Aidil. Untungnya, karena ragu setelah lolos dari jebakan offside, sehingga ia tidak bisa mengentrol bola dengan baik. Kiper Dian Agus pun dengan mudah menyergap bola dari kakinya. Hingga turun minum, kedudukan imbang 1-1 tetap tidak berubah.

Memasuki babak kedua, Indonesia kembali mencoba mengambil inisiatif menyerang. Sayangnya, pola serangan yang dibangun Ponaryo Astaman dan kawan-kawan sangat menoton. Alur serangan tampak begitu dipaksakan melalui Elie Aiboy dari sektor sebelah kanan. Di sisi lain, suplai bola dari barisan tengah tidak begitu berjalan dengan baik. Firman Utina yang diharapkan menjadi motor serangan terlalu banyak mengandalkan permainan individu, sehingga jarang memberikan umpan matang kepada pemain depan.

Akibatnya, gawang Malaysia nyaris tanpa tekanan yang berbahaya sepanjang abbak kedua. Sebaliknya, para pemain Malaysia justru terus melakukan gempuran. Beberapa kali Maman Abdurrahman harus berjibaku untuk menyelamatkan barisan pertahanan timnas Indonesia. Untungnya, hingga pluit panjang tak satu pun gol tambahan tercipta. Pertandingan pun ditutup dengan kedudukan imbang 1-1.

No comments: