Saturday, June 7, 2008

Obama Bukan Yang Pertama


Washington - Senator Barack Obama majadi tokoh kulit berwarna pertama calon presiden, namun sedikit orang mengetahui bahwa ia bukan tokoh kulit berwarna pertama memegang tiket presiden Amerika Serikat.
Tokoh kulit berwarna itu adalah Charles Curtis, seorang anggota suku Indian Kaw, yang menjadi wakil presiden di bawah Presiden Herbert Hoover dari tahun 1929 hingga 1933, suratkabar USA Today melaporkan, Kamis [05/06] .
Curtis, senator dari Kansas, menjadi ketua mayoritas Senat dan sempat bersaing dengan Hoover untuk merebut nominasi presiden dari Partai Republik pada 1928.
Curtis cicit kepala suku Kaw, White Plume, yang menawarkan bantuannya bagi ekspedisi Lewis dan Clark pada 1804 lahir pada 1860 dan menghabiskan masa kanak-kanaknnya di kawasan persukuan Kaw dekat Topeka, Kan. Curtis terpilih sebagai anggota DPR AS pada 1892 dan menjadi anggota Senat pada 1907.
Pilihannya mendampingi Hoover dalam pemilihan presiden itu didesain untuk merebut dukungan suara di Kansas dan negara-negara bagian penghasil pertanian lainnya. Curtis pun terpilih menjadi wakil presiden, kendati ia menghabiskan banyak waktunya untuk memimpin Senat. Setelah Hoover dikalahkan oleh Franklin D. Rosavelt dalam pemiliha presiden pada 1932, Curtis masih metetap di Washongton, di mana ia menemui ajalnya pada 1936

No comments: